Pengalaman Mengurus VISA Inggris (UK) Sendiri

Hey you guys!

So I’m going to talk in Bahasa again since it’s related to VISA Application. Bahasa in 3.. 2.. 1..

Yak, mari kita obrolin cara urus visa Inggris. Urus VISA Inggris gampang apa susah? Ada minimal tabungan ga? Syaratnya apa aja? Berapa lama? Daaaan banyak pertanyaan lainnya

Kalau ditanya urusnya gampang apa susah sih menurut gue gampang gampang aja. Sama kayak urus VISA Australia kemarin (cek Mengurus VISA ke Australia Sendiri: Gampang gak sih? untuk post tentang VISA Aussie yaa). Ya memang ada beberapa perbedaan pasti, tapi urusnya gampang kok.

Dulu pernah baca di internet kalo urusin VISA UK itu ribet bet ribet, banyak yang ditolak, lama pula. Katanya kalau mau cepet, 2 minggu kelar, harus pake layanan prioritas kalo gak ya 12 minggu. Wassalam kan gue baca begitu pengen pergi April biar nonton Game of Thrones di tempat shootingnya (impian gue emang dangkal geng) tapi harus beburu buat visa. Oh waw.

Demi impian (dangkal) gue untuk ke Winterfell, gue pun niatin diri untuk ciao ke UK (iya gue tau, orang mah pengennya ke London gue mah cuma nonton GoT iya dangkal iyaaaa). Kita mulai dari awal mula gue mau urus yaa sesudah gue baca baca sana sini

1. Form Online dan Pembayaran VISA

Naah kalo misalnya VISA Aussie, kalian download form nya terus diisi pake tulis tangan atau edit PDF kan, kalau U.K. beda geng. Jadi kayak kalo kalian lamar kerja gitu, isi pertanyaan-pertanyaan yang diajuin online yang nanti nya itu akan jadi form kita.

Register dulu akun kalian di GOV.UK terus ikutin aja step-stepnya. Nanti setelah kalian selesai isi form onlinenya, kalian akan disuruh untuk bayar VISAnya. Berapa tuh? Tergantung kalian apply untuk berapa lama, gue kemarin apply untuk 6 months visa jadinya gue bayar 125 USD.

email bukti pembayaran

Abis itu, kalian bisa download file yang isinya adalah pertanyaan dan jawaban form online (ini ga perlu kalian bawa ke appointment ya tapi boleh dibawa aja untuk jaga-jaga), checklist documents yang harus dibawa saat appointment (dokumen ini juga harus dibawa ya), bukti bayar VISA (ini gue bawa juga sih ke VFS).

Nah disini kalian bisa buat appointment dengan VFS, gue kemarin di VFS Global Kuningan City karena gue tinggal di Jakarta. Kalian bisa reschedule sampai H-1 kalau ga reschedule terus ga dateng, itungannya kalian udah apply VISA jadi uang ga bisa di refund. Gue kemarin sih reschedule berkali-kali hahahah karena gue belum siapin dokumennya hahaha. Gue selalu ambil appointment paling pagi karena dua hal, biar sepi dan gue harus kerja juga sih hahaha

2. Dokumen

Inget yaaa dokumennya harus dalam bahasa inggris

a.) Paspor yang masih berlaku (mandatory)

Kalau dari checklist kemarin, dokumen yang harus kalian bawa adalah paspor yang masih berlaku sisanya cuma dokumen pendukung

b.) Dokumen pendukung lain

Sebisa mungkin bawa aja selengkap yang kalian bisa, kemarin dokumen pendukung yang gua siapin itu:

  • Paspor Lama – karena gue pernah perpanjang paspor dan disitu ada VISA Schengen. Pas disana sih yang diminta cuma fotokopi VISA Schengen sama halaman depan
  • Informasi tentang kunjungan kalian – gue submit itinerary yang super singkat (haha), bukti booking hostel dari Booking.com (di site ini bisa book tanpa bayar by the way)
  • Bukti pekerjaan saat ini – bukti kalau gue lagi bekerja yang filenya sama kayak pas gue apply ke Aussie (cek disini ya)
  • Keterangan tentang keuangan kalian – kemarin gue submit surat referensi bank. Cara dapetinnya tinggal dateng aja ke Bank terus bilang mau minta surat referensi. Kemarin gue pake Bank BNI dan biayanya 150k IDR. Kalau bank lain gue ga tau ya. Gue juga kasih rekening koran gue 3 bulan terakhir (walau yang ini BNI cuma ada bahasa indonesia)
  • Kartu Keluarga, KTP, dan Akte Kelahiran – gue juga masukkin 3 file ini (in English ya) kemarin tapi kayaknya ga terlalu penting. Di checklist ada data pendukung tambahan yang bisa kita masukkin sih yaitu keluarga yang masih tinggal di home country kita, jadi gue masukkin KK gue juga. Kalo kalian mau masukkin file ini, harus di translate sama sworn translator ya. Kemarin gue pake Indo Lingua yang ada di Cipete (emailnya: info@indo-lingo.com).

3. Appointment

Nah abis gue ambil nomer antri dan tunggu dipanggil, gue cuma perlu kasih semua dokumennya. Ga perlu kalian steples sih karena nanti nya kayak cuma di scan gitu terus semua filenya dibalikin lagi hahaha. Iya kemarin gue juga bingung kok.

Nanti kalian akan difoto dan ambil sidik jari disana, jadi kalian ga perlu bawa foto (gue bawa sih haha).

Daaaan selesai!

Abis itu tinggal tunggu aja email dari mereka. Kalau udah jadi nanti di email kok. Punya gue selesai dalam 7 hari kerja (appointment 16 Jan, jadi 25 Jan). Tapi ini variasi ya untuk kapan VISA kalian selesai, misalnya temen gue dulu 2 mingguan.

Kalau untuk minimal uang yang ada di tabungan sih ga ada pastinya ya karena di web mereka pun tidak meng-state itu. Terus perlu asuransi travel ga? Untuk apply visa tidak perlu yaa tapi baiknya kita tetap punya asuransi saat kita traveling 🙂

Nah, gampang kan buatnya? 😀 Do let me know if you have any question yaa 🙂

Cheers,

Kemmy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.